Perbandingan Motor Listrik Polytron Fox R vs Gesit, Mana Paling Jago Nanjak?

Perbandingan Motor Listrik Polytron Fox R vs Gesit, Mana Paling Jago Nanjak?

Masyarakat Indonesia kini bisa memilih beberapa produk listrik sesuai dengan spesifikasi dan fitur-fitur yang ditawarkan. Saat ini ada dua motor listrik dari dalam negeri yang memikat karena fitur dan kecanggihan teknologi yang ditawarkan tidak kaleng-kaleng.

Sebut saja motor listrik Garansindo Electric Scooter ITS (Gesits) yang sudah lebih awal diluncurkan pada tahun 2019. Sementara Polytron Fox R diperkenalkan kepada masyarakat pada tahun 2022. Sehingga Gesits termasuk pelopor motor listrik produksi lokal asli Indonesia. Keduanya sangat menarik untuk dipinang apalagi saat ini ada banyak opsi cicilan dana bulanan dari lembaga keuangan teknologi yang prosesnya lebih mudah.

Lalu bagaimana dengan perbandingan keduanya? Mana yang paling menguntungkan dan paling berkualitas dari segi produknya? Yuk, kita simak saja beberapa kelebihan dan kekurangannya masing-masing yang bisa jadi pertimbangan sebelum kamu memilih salah satu diantara keduanya.

Jarak Range Fox R vs Gesit

Jika diadu range atau jarak tempuh antara Fox R dengan Gesit rasanya Polytron memberikan range yang lebih jauh. Polytron Fox R diklaim bisa menempuh jarak hingga 130 km untuk sekali pengisian baterai. Sementara Gesit hanya bisa menempuh 50 km untuk satu kali pengisian baterai. Sehingga Gesit memberikan opsi dua baterai dalam paket pembeliannya.

Gesit menggunakan jenis baterai lithium-ion 72 volt/20 Ah. Untuk pengisiannya diperlukan antara 3 sampai dengan 4 jam. Gesit memberikan garansi baterai hingga 3 tahun. Uniknya, baterai Gesit banyak dipakai oleh motor-motor yang dikonversi menjadi motor listrik.

Polytron Fox R memiliki kapasitas baterai 3m75 Kwh (72 V 52 Ah) lebih besar dibandingkan kapasitas baterai Gesit. Sehingga wajar jika rangenya pun bisa lebih jauh. Untuk durasi pengisian baterainya mirip-mirip antara 4,5-5 jam. Namun, untuk baterainya dikenakan biaya sewa per bulan seharga Rp 200 ribu dengan keuntungan garansi baterai seumur hidup. Selama masih dalam proses sewa, jika baterai mengalami degradasi dengan kemampuan di bawah 80%, akan diganti secara gratis dengan baterai baru.

Perbedaan Dinamo dan Kapasitasnya

Gesit menggunakan mid drive sehingga dinamo dihubungkan dengan belt ke roda belakang. Sistem yang sama digunakan pada motor-motor matic dengan pulley belt. Power outputnya sekitar 2.000 watt – PP 5.000 watt dan sudah menerapkan air cooled system.

Sementara Polytron Fox R menggunakan dinamo yang menempel pada roda belakang (BLDC) dengan motor power sekitar 3.000 watt. Setelah diuji secara independen oleh beberapa reviewer, kekuatan Gesit dan Polytron Fox R masih bisa diandalkan untuk melibas tanjakan dengan cara berboncengan meskipun tidak seresponsif motor bensin. Keduanya menunjukkan performa yang tidak jauh berbeda.

Varian Motor Listrik Polytron vs Gesit

Gesit memiliki tiga tipe yaitu Gesits Garuda, Gesits Raya, Gesits G1. Perbedaan terletak pada desainnya. Gesit G1 mirip dengan Honda Vario, sementara daesain Gesit Garuda dan Raya mirip seperti Honda Beat Street dengan tipe stang terbuka dan sporty. Untuk power outputnya lebih besar Gesits G1 dibanding dua lainnya.

Sementara Polytron sebenarnya memiliki dua tipe yaitu Fox R dan Fox S. Fox R memiliki bodi yang lebih besar dibandingkan dengan Fox S. Selain itu Fox S memiliki kecepatan max 80 kpj dengan range hingga 70 km yang cocok buat perkotaan. Fox R memiliki jarak tempuh lebih jauh hingga 130 km dengan max kecepatan 95 kpj. Soal harga tentu saja lebih murah Fox S karena fiturnya downgrade dibandingkan dengan Fox R.

Harga Polytron Fox R vs Gesit

Untuk harga Polytron Fox R off the road di kisaran Rp 13,4 jutaan sudah termasuk subsidi dari pemerintah. Sewa baterainya Rp 200 ribu per bulan. Jika Polytron Fox R tanpa subsidi dan tanpa sewa baterai, maka harganya sekitar Rp 38 juta. Harga baterainya di kisaran Rp 17,5 juta. Inilah sebabnya diberikan skema sewa baterai agar harga motornya bisa lebih terjangkau.

Sementara harga Gesit G1 mulai dari Rp 21,9 jutaan belum termasuk subsidi pemerintah. Jika sudah mendapatkan subsidi pemerintah bisa dapat diskon mulai dari Rp 7 jutaan. Jika kamu tertarik membeli dengan cara kredit bisa mempertimbangkan mengambil menggunakan cicilan dana bulanan dari Kredivo. Bunganya rendah mulai dari 1,99% per bulan dengan opsi tenor hingga 24 bulan.

Bagi member premium bisa mendapatkan limit hingga Rp 50 jutaan. Sangat cukup untuk mencicil motor listrik yang bisa dipakai nanjak seperti Gesit G1 atau Polytron Fox R. Yang pasti sesuaikan kemampuan bayar dengan cicilan yang nantinya dipilih ya.