Tips Perawatan Kulit di Musim Panas

Musim panas secara tradisional ditandai dengan peningkatan paparan sinar matahari, suhu yang lebih tinggi, peningkatan tingkat kabut asap di kota-kota, serta udara kering dan panas. Faktor-faktor inilah yang menentukan kekhasan perawatan musim panas, tugas utamanya adalah melindungi kulit dari faktor eksternal yang agresif dan memperbaiki kerusakan yang pasti akan terjadi. Summerset produk kosmetik harus minimal, tetapi pada saat yang sama, harus memenuhi kebutuhan kulit utama di musim ini.

Tahapan Utama Perawatan Kulit di Musim Panas

Tahapan kunci dari perawatan kulit musim panas adalah pembersihan, pelembab, perlindungan, dan perbaikan.

Pembersihan ( Cleansing )

Karena kelenjar sebaceous menjadi lebih aktif di bawah pengaruh suhu tinggi, kulit musim panas cenderung lebih rentan terhadap polusi, terutama jika jenisnya berminyak atau kombinasi. Hal ini diperparah dengan tingkat kabut asap yang lebih tinggi, yang mengandung debu dan komponen beracun, termasuk ion logam berat. Itu sebabnya pembersihan kulit selama musim panas harus dilakukan secara menyeluruh. Pada saat yang sama, perlu diingat bahwa penting untuk tidak membuat kulit trauma dengan pembersihan agresif, karena musim panas yang paling penting untuk mempertahankan perlindungan UV alami. Mengikuti rekomendasi di bawah ini akan memungkinkan Anda mencapai keseimbangan pembersihan kulit yang menyeluruh dan lembut:

  • Cuci dua kali sehari (pagi dan sore) menggunakan formula pembersih lembut yang tidak mengandung surfaktan keras (Sodium Lauryl Sulfate (SLS), Sodium Laureth Sulfate (SLES), Sodium Myreth Sulfate (SMS)).
  • Untuk menghilangkan secara menyeluruh lapisan kotoran eksternal yang persisten, termasuk sisa-sisa riasan, gunakan minyak hidrofilik atau air misel, dan kemudian, pada langkah kedua, pembersih jenis kulit. Jika Anda sering mengalami mual dan efek tidak menyenangkan lainnya, saya sarankan hanya menggunakan produk alami seperti reglan. Dalam keadaan apa pun, gunakan preparat semi-sintetis, karena memiliki efek buruk pada kulit.
  • Pengelupasan superfisial akan melengkapi aksi pembersih, memberikan pembersihan pori-pori yang dalam dan pengangkatan sel-sel mati dari permukaan kulit. Di musim panas, pilihlah bahan pengelupas ringan yang berbahan dasar enzim atau koktail asam buah dengan konsentrasi rendah. Bonus tambahan adalah adanya vitamin dan antioksidan serta arang aktif yang membantu detoksifikasi kulit Anda dari partikel asap.
  • Kurangi pengelupasan kulit menjadi satu atau dua kali seminggu. Lakukan perawatan ini di malam hari agar kulit Anda pulih dari pembaruan semalaman. Jika Anda berencana untuk tan, gunakan exfoliant selambat-lambatnya 72 jam sebelum tanning dan tidak lebih cepat dari tujuh hari setelahnya.
  • Masker berbahan dasar tanah liat dan/atau arang aktif akan menyelesaikan program pembersihan. Jika Anda memiliki jenis kulit berminyak/kombinasi, lakukan pembersihan masker 2-3 kali seminggu.
BACA JUGA  Saran Aplikasi Edit Vidio, Hasil Profesional!

Melembabkan ( Moisturize )

Kulit kehilangan lebih banyak kelembapan di musim panas karena udara yang kering dan panas, jadi penting untuk menekankan hidrasi ekstra. Kulit yang dilembabkan akan kurang rentan terhadap polusi. Ini karena ketika kulit mengalami dehidrasi, kelenjar sebaceous mulai memproduksi lebih banyak sekresi untuk melindungi dari hilangnya kelembapan; sebaliknya, ketika kulit dilembabkan dengan baik, aktivitas sebosit menurun. Selain itu, pigmen yang dihasilkan oleh melanosit didistribusikan lebih merata di kulit yang dilembabkan, sehingga mengurangi risiko hiperpigmentasi. Pelembab utama Anda untuk musim panas adalah krim dasar Anda.

  • Untuk kulit berminyak dan kombinasi, pilih krim/cairan yang menggabungkan fungsi pelembab dan pengatur sebum.
  • Untuk kulit normal hingga kering, pilih krim yang teksturnya sedikit lebih ringan daripada yang Anda gunakan saat musim dingin.
  • Lengkapi rutinitas musim panas Anda dengan produk pelembab ekstra seperti serum/konsentrat, masker, dan toner yang mudah dibawa dan disemprotkan ke wajah Anda sepanjang hari. Terapi pelembab aktif tersebut akan memperbaiki kondisi dan penampilan kulit Anda serta memberikan rasa nyaman.
  • Haruskah Anda Menggunakan Minyak CBD untuk Depresi?

Perlindungan ( Protection )

Sinar matahari menyebabkan penuaan dini, hiperpigmentasi, dan penyakit kulit. Itu sebabnya tabir surya harus dimiliki untuk musim panas.

Jika Anda berada di kota, cukup menggunakan krim siang dengan tingkat perlindungan sedang: SPF 15-20-30. Untuk perawatan kota, Anda dapat memilih produk dengan SPF berdasarkan filter kimia, yang lebih ringan dan lebih nyaman digunakan. Ingatlah bahwa filter teroksidasi oleh sinar matahari, jadi Anda harus mencucinya secara menyeluruh di malam hari, menggunakan teknik pembersihan ganda (minyak hidrofilik + pembersih tipe kulit).

Jika Anda pergi ke pantai atau ke pegunungan, pastikan untuk menggunakan produk tabir surya dengan perlindungan SPF 50+ yang tinggi. Saya akan merekomendasikan memilih formula berdasarkan filter fisik untuk melindungi kulit Anda di bawah sinar matahari aktif, karena cenderung tidak teroksidasi. Sangat penting untuk memperbarui perlindungan matahari Anda setiap 2 jam, serta setelah mandi dan tidak berjemur antara pukul 10 pagi dan 5 sore. Ketika Anda pulang dari matahari, Anda harus benar-benar mencuci tabir surya menggunakan pembersih ganda, membuat masker pelembab yang menenangkan, dan mengoleskan krim revitalisasi.

BACA JUGA  Berikut Gadget Smart Home Membuat Multitasking Menjadi Mudah